Kamis, 16 Mei 2013

Pakaian Menurut Islam

Pakaian yang dikenakan Nabi Muhammad SAW. sangat memberikan manfaat bagi tubuh, tidak berat di badan dan mudah memakai maupun melepaskannya.

Baju yang di pakai Rasulullah berlengan sampai ke pergelangan tangan, tidak sampai melewati pergelangan tangan. jika lengan baju melewati pergelangan tangan, tentu akan menyulitkan si pemakainya dalam bergerak. demikian pula jika lebih pendek dari batas pergelangan tangan, tentu tidak dapat menahan udara panas maupun dingin.

Untaian baju maupun sarung Rasulullah sampai ke batas betis, tetapi tidak melewati mata kaki. Jika ujung kain melewati mata kaki, maka akan sulit bergerak seolah-olah terikat. Namun jika ujungnya di atas betis, maka akan mudah terbuka dan si pemakainya akan kepanasan atau kedinginan.

Serban yang dipakai Nabi Muhammad SAW. tidak terlalu besar, sehingga menjadi beban yang berat untuk kepala. Akan tetapi serban beliau tidak terlalu kecil sehingga tidak dapat melindungi kepala dari dingin dan panasnya udara. Jadi ukuran serban beliau adalah sedang / pertengahan. ujung serban dijjuntaikan pada kuduk beliau, sebab hal itu melingdungi kuduk dari panas dan dingin, apalagi beliau yang sering mengendarai kuda maupun unta.

Rasulullah SAW. sering memakai sepatu, terutama ketika dalam musafir, karena dengan demikian kedua kaki terlindung dari rasa panas maupun dingin.

Jika kita perhatikan dengan seksama, maka terlihat bahwa pakaian yang di pakai Rasulullah SAW. sangat sesuai bagi kesehatan tubuh serta tidak menyulitkan dalam bergerak.

Warna pakaian yang paling disenangi Nabi Muhammad SAW. adalah warna putih serta warna biru atau hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leaf