Jumat, 17 Mei 2013

Tips Cara Mengendalikan Emosi Marah

Kita semua sebagai manusia pasti tidak asing lagi dengan yang namanya emosi. Ada banyak emosi yang telah kita rasakan dalam hidup ini seperti emosi senang, sedih, marah, dan sebagainya. Pada artikel ini saya akan membagikan informasi bagaimana cara mengendalikan emosi saat kita sedang marah, karena emosi inilah yang kadang tidak dapat kita kendalikan, terutama para remaja yang emosinya masih kurang stabil. 

Emosi marah dapat disebabkan oleh banyak faktor yaitu salah satunya dikarenakan sikon keadaan berbeda dengan yang kita harapkan, kondisi fisik kita sedang kelelahan, ataupun karena ingin melampiaskan emosi ketika kita sedang dikecewakan oleh orang lain.

Marah itu boleh dan sah-sah saja, tetapi jangan sampai kita terlarut kedalamnya karena marah yang berlama-lama akan melahirkan dan kemudlaratan dalam hati kita.

Berikut ini tips-tips bagaimana cara mengontrol emosi :

1. Perbanyak menyebutkan nama Tuhan dengan mengucapkan istighfar "Astaghfirullah" kalau bisa sebanyak-banyaknya sampai hati merasa tenang.

2. Tarik nafas pelan-pelan sedalam-dalamnya, kalau bisa sambil memejamkan mata. Kemudian hembuskan secara perlahan dan pikirkan bahwa masalah dan beban yang kita hadapi seolah-olah berkurang setiap kali hembusan nafas.

3. Mencari tempat sendiri dahulu untuk menenagkan diri. Kalau-kalau saat kita berada di keramaian ketika emosi kurang stabil akan berdampak pada pelampiasan yang akan merusak hubungan sosial, persahabatan, bahkan kekasih kita, pasti kalian tidak inginkan hal itu terjadi.

4. Saat sudah mulai merasa tenang saatnya kita berpikir untuk mencari jalan keluar atas permasalahan kita, dan usahan tidak gegabah dalam mengambil tindakan.

5. Berfikirlah bahwa yang telah terjadi sekarang adalah yang terbaik karena Tuhan lebih mengetahui apa yg terbaik buat kita daripada apa yang kita minta, maka dari itu bersyukurlah.

6. Lalu minumlah segelas air putih dan akhiri dengan senyuman ^^. Insyaallah emosi marah yang kalian alami akan teratasi. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leaf